Sebagai moda transportasi kereta-kereta supercepat ini punya banyak kelebihan. Daya angkutnya yang besar dan yang paling penting dengan kenyamanan yang sama, polusi yang dihasilkan bisa sepersepuluh lebih kecil dibanding dengan pesawat terbang. Kereta-kereta ini diantaranya masih menggunakan roda-roda konvensional tetapi dengan mesin yang canggih dan yang terbaru menggunakan teknologi superconducting magnetic levitation (maglev train) yang melayang di atas rel.
Kereta Cepat Jepang
Tokaido Shinkansen – Jepang
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya Shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng).

Kereta WIN 350 Eksperimental:

JR E3

JR E4

Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari, dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan per-hari!).
JR 300




"Hikari" berarti "cahaya", merupakan layanan Shinkansen pertama pada rute Tokaido/Sanyo. Semenjak munculnya kereta Nozomi, saat ini menyediakan layanan mid-level dengan beberapa pemberhentian tambahan, tetapi tetap dengan kecepatan tinggi. Kereta Hikari menghubungkan Tokyo dan Osaka dalam waktu kira-kira 3 jam. Penampilannya lebih bernuansa jet supersonik ketimbang kereta, dengan desainnya yang futuristis dan kenyamanan luar biasa.



Variasi JR 500





Berarti "harapan", kereta-kereta Nozomi hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk menempuh jarak Tokyo-Osaka, dan 5 jam hingga ke seluruh tujuan di ujung paling selatan kepulauan di Hakata (Fukuoka). Jalur-jalur kereta di Jepang ini mendukung secara komersial mobilisasi penduduknya yang padat di daerah-daerah ini, meski untuk menjalankannya tiap kereta butuh biaya hingga $40 juta.





JR 800 Seri Terbaru



Khusus "Storm Troopers":



JR-Maglev MLX01



Kereta ini termasuk jenis kereta superconducting magnetic levitation - maglev (melayang di atas rel secara magnetis) dan dalam uji cobanya sanggup mencapai kecepatan 581 km/jam dan sejauh ini belum digunakan secara komersial. China maju selangkah dengan lebh dulu mengoperasikan kereta jenis maglev ini pada tahun 2004.
Kereta Cepat Perancis
Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis
Diresmikan pada awal tahun 80-an, TGV melayani rute Lyon dan Paris, setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom SA - perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi barunya TGV V-150 memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda konvensional pada kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam (lihat di sini).









Kereta Cepat Jerman
InterCity Express (ICE)


Di awal tahun 90-an Jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani rute Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dibangun oleh Siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam.
Transrapid


Jerman juga membangun sendiri kereta maglev-nya Transrapid yang mampu mencapai kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan pada September 2006 di dekat kota Lathen dan menewaskan 23 penumpangnya.
Kereta Maglev Shanghai – China


Dibangun dengan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 430 km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari bandara internasional Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya dalam waktu 8 menit.
Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan


Tahun 2004 Korsel menjadi negara kedua di Asia disamping Jepang yang membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta cepat asal Perancis).
Taiwan High Speed Rail – Taiwan


Setelah beberapa tahun penundaan, akhirnya Taiwan High Speed Rail diresmikan penggunaannya pada tanggal 5 Januari 2008. Kereta cepat ini dibangun dengan basis teknologi Jepang Shinkansen dan memendekkan waktu tempuh dari Taipei menuju Kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya yang 4 jam.
Kereta Cepat Italia
Direttissima


Itali resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.
Eurostar – Inggris Raya


Kereta cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari London ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari London ke Paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya saat ini mencapai 300 km/jam.
sumber:http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2010/01/kereta-kereta-tercepat-di-dunia.html
Kereta Cepat Jepang
Tokaido Shinkansen – Jepang
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya Shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng).

Kereta WIN 350 Eksperimental:

JR E3

JR E4

Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari, dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan per-hari!).
JR 300




"Hikari" berarti "cahaya", merupakan layanan Shinkansen pertama pada rute Tokaido/Sanyo. Semenjak munculnya kereta Nozomi, saat ini menyediakan layanan mid-level dengan beberapa pemberhentian tambahan, tetapi tetap dengan kecepatan tinggi. Kereta Hikari menghubungkan Tokyo dan Osaka dalam waktu kira-kira 3 jam. Penampilannya lebih bernuansa jet supersonik ketimbang kereta, dengan desainnya yang futuristis dan kenyamanan luar biasa.



Variasi JR 500





Berarti "harapan", kereta-kereta Nozomi hanya membutuhkan waktu 2,5 jam untuk menempuh jarak Tokyo-Osaka, dan 5 jam hingga ke seluruh tujuan di ujung paling selatan kepulauan di Hakata (Fukuoka). Jalur-jalur kereta di Jepang ini mendukung secara komersial mobilisasi penduduknya yang padat di daerah-daerah ini, meski untuk menjalankannya tiap kereta butuh biaya hingga $40 juta.





JR 800 Seri Terbaru



Khusus "Storm Troopers":



JR-Maglev MLX01



Kereta ini termasuk jenis kereta superconducting magnetic levitation - maglev (melayang di atas rel secara magnetis) dan dalam uji cobanya sanggup mencapai kecepatan 581 km/jam dan sejauh ini belum digunakan secara komersial. China maju selangkah dengan lebh dulu mengoperasikan kereta jenis maglev ini pada tahun 2004.
Kereta Cepat Perancis
Train a Grande Vitesse (TGV) – Perancis
Diresmikan pada awal tahun 80-an, TGV melayani rute Lyon dan Paris, setelah suksesnya rutenya kemudian ditambah ke kota lain di Perancis bahkan ke negara lainnya. Kereta ini dibangun oleh Alstrom SA - perusahaan pembuat kereta terbesar kedua di dunia. Kereta generasi barunya TGV V-150 memecahkan rekor kecepatan untuk kereta beroda konvensional pada kecepatan 515 km/jam. Kereta ini menggunakan supercharged engine dan meiliki roda kereta yang besar. Rekor barunya saat ini mencapai 574,8 km/jam (lihat di sini).









Kereta Cepat Jerman
InterCity Express (ICE)


Di awal tahun 90-an Jerman meresmikan kereta cepatnya untuk melayani rute Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart. Kereta ini dibangun oleh Siemens dan mencapai kecepatan 280 km/jam.
Transrapid


Jerman juga membangun sendiri kereta maglev-nya Transrapid yang mampu mencapai kecepatan 550 km/jam tapi sayangnya pernah mengalami kecelakaan pada September 2006 di dekat kota Lathen dan menewaskan 23 penumpangnya.
Kereta Maglev Shanghai – China


Dibangun dengan teknologi Jerman, kereta ini mampu mencapai kecepatan hingga 430 km/jam dan sanggup membawa penumpangnya dari bandara internasional Pudong menuju Longyang Road Station di pusat kota hanya dalam waktu 8 menit.
Korean Train Express (KTX) – Korea Selatan


Tahun 2004 Korsel menjadi negara kedua di Asia disamping Jepang yang membangun jalur kereta cepat yang menghubungkan beberapa kota utamanya. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta cepat asal Perancis).
Taiwan High Speed Rail – Taiwan


Setelah beberapa tahun penundaan, akhirnya Taiwan High Speed Rail diresmikan penggunaannya pada tanggal 5 Januari 2008. Kereta cepat ini dibangun dengan basis teknologi Jepang Shinkansen dan memendekkan waktu tempuh dari Taipei menuju Kaoshiung menjadi 90 menit dari sebelumnya yang 4 jam.
Kereta Cepat Italia
Direttissima


Itali resmi meluncurkan kereta cepatnya untuk rute Roma dan Florensia dengan kecepatan 254 km/jam.
Eurostar – Inggris Raya


Kereta cepat ini dioprasikan tahun 1994 dan melayani rute dari London ke Perancis dan Belgia (melalui terowongan bawah laut). Dari London ke Paris menggunakan kereta ini memakan waktu 2 jam 35 menit. Kecepatannya saat ini mencapai 300 km/jam.
sumber:http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2010/01/kereta-kereta-tercepat-di-dunia.html
Related Post:
Dunia Kita
- Centralia, Kota Pintu Neraka
- 3 Penjara Bawah Tanah Di Indonesia
- 10 Kiper Terbaik Di Dunia
- Angel Falls,Air Terjun Tertinggi Di Dunia
- Negara Terkaya Di Dunia Yang Terlantarkan
- 10 Kecelakaan Minyak Tumpah Terbesar Sepanjang Sejarah
- Rekor Dunia Menyelesaikan Rubik Dalam 1 Detik
- Harold Camping, Orang Yang Memprediksi Kiamat Pada 21 Mei 2011
- Pisau Pisau Yang Super Keren
- Kaum Eta, Sisi Gelap Negeri Jepang
- Tarzan Asal Indonesia Yang Kebal Akan Peluru
- Hotel-Hotel Yang Terbuat Dari Bahan Daur Ulang
- 10 Kota Paling Boros Listrik Di Dunia
- 18 Oasis Paling Menakjubkan
- 10 Seragam Bola Paling Legendaris
- 10 Pedang Paling Mematikan Di Dunia
- Rainbow Tower, Menara Tertinggi Di Dunia
- 10 Orang Cacat Kaki Terhebat
- Pesawat-Pesawat Terbesar Di Dunia
- Perpustakaan Terkecil Di Dunia
- Ada Kehidupan Di Atmosfer Venus
- 8 Icon Dunia Yang Terlupakan
- Kontes Putri Gendut Di Italy
- 15 Alat Musik Paling Unik Dan Langka
- ATM Yang Dapat Mengeluarkan Emas
Teknologi
- 7 Mesin Kopi Dengan Desain Terunik
- Cara Mengetahui Kelamin Komputer Anda
- Hasil Photoshop Paling Rumit
- Speaker Dengan Bentuk Paling Keren
- ATM Yang Dapat Mengeluarkan Emas
- Peugeot Metromorph, Mobil Masa Depan
- Jet Scooter, Motor Terbang Masa Depan
- Desain Tas Laptop Yang Super Unik
- Kreasi Flashdisk Yang Unik
- Sejarah Simbol-Simbol Teknologi
- 13 Resiko Serius Dari Penggunaan Ponsel Berlebihan
- Desain Tenda-Tenda Masa Depan
- 12 Mesin Raksasa Yang Pernah Dibuat Manusia
- 9 Mouse Termewah Di Dunia
- Kristina Svechinskaya,Hacker Cantik Dan Seksi Dari Rusia
- Lewat Bluetooth, Mobil Bisa Disabotase
- Laptop Pertama Di Dunia
- Hewan-Hewan Yang Jago Komputer
- Video Yang Pertama Kali Tayang Di Youtube
- Produk Kloning Manusia Yang Gagal
- 10 Mitos Tentang Teknologi Informasi
- Tips Merawat Baterai Laptop
- Jam Tangan Khusus Mata-Mata
- 5 Peralatan Portable Paling Aneh
Wawasan
- Ciri-Ciri Orang Yang Sering Begadang
- Jenis-Jenis Phobia Di Dunia
- 10 Mata Uang Tertua Di Indonesia
- Arti Warna Pada Bunga Mawar
- 6 Kisah Kanibal Demi Bertahan Hidup
- 3 Penjara Bawah Tanah Di Indonesia
- 5 Manfaat Minum Bir
- Negara Terkaya Di Dunia Yang Terlantarkan
- 10 Kecelakaan Minyak Tumpah Terbesar Sepanjang Sejarah
- 10 Kartun Terpopuler Di Tahun 80-an
- 10 Perancang Mobil-Mobil Terpopuler
- Penyebab Manusia Merasakan Cinta
- Pemalsuan Foto Oleh Uni Soviet
- Ternyata Ayam Dapat Berganti Kelamin
- Antonio Meucci, Sang Penemu Asli Telepon
- 10 Kota Paling Boros Listrik Di Dunia
- Asal Mula Kata SPAM
- Tanda-Tanda Cowok Lagi Bokek
- Ada Kehidupan Di Atmosfer Venus
- 8 Icon Dunia Yang Terlupakan
- 7 Misteri Dan Penyakit Wanita
- Jenis-Jenis Meteor Dan Komet
- 7 Hal Yang Sering Disalah Artikan Sebagai UFO
- 15 Alat Musik Paling Unik Dan Langka
- Kumpulan Foto-Foto Bentrokan Di Thailand
1 Comment:
Ijin Ngopy Make Paste ^^d
Ane Cantumin Sumber Koq
#ft.tai (Tensa Zangetsu Barcelonistas)
Posting Komentar
Ditunggu Commentnya Ya...^^
Untuk yang tidak memiliki Account, Gunakan Aja Name/URL...URLnya kosongin aja...^^