Kamis, 17 Februari 2011

Resiko Bagi Perokok Pasif

Tidak ikut makan nangka, malah terkena getahnya. Begitulah nasib buruk para perokok pasif yang terpaksa ikut terinfeksi nikotin dan zat-zat racun dari dalam asap rokok. Meski hanya sekejap, seperti halnya perokok aktif, ternyata paru-paru perokok pasif juga ikut tercemar oleh lebih dari 4.000 zat racun rokok.
http://lh5.ggpht.com/_cg-MINVUx5w/ShVDMgl9j8I/AAAAAAAAAiE/Q9zrcXwf9s4/clip_image001_thumb%5B2%5D.jpg
Para ahli sejak lama telah mendefinisikan asap rokok yang diisap perokok adalah asap mainstream, sedangkan asap dari ujung rokok yang terbakar dinamakan asap sidestream. Polusi udara yang diakibatkan oleh asap mainstream dan sidestream ini dinamakan asap tangan kedua (secondhand smoke) atau asap tembakau lingkungan (environemntal tobacco smoke/ETS).
Asap tangan kedua ini juga berdampak buruk, antara lain, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular akibat rusaknya pembuluh darah dan perubahan kadar kolesterol.

http://rindamiskandarmuda.mil.id/wp-content/uploads/2009/08/PEROKOK-a.jpg
http://healindonesia.files.wordpress.com/2009/12/effects_of_passive_smoking3.jpg
Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang sering terpapar asap rokok dari suaminya selama beberapa tahun berisiko terkena kanker paru hingga 20 persen. Sementara itu, mereka yang terpapar di lingkungan kerja atau sosial, risikonya lebih tinggi, yakni 25 persen. Meski penyejuk udara (AC) bisa menghilangkan asap yang terlihat di ruangan, tetapi tidak dapat menghilangkan partikel rokok karena akan terus bersirkulasi dan sangat mudah terisap oleh mereka yang bukan perokok. Karena itu, menyalakan AC bukanlah jawaban untuk menghindar dari bahaya rokok. 
 
Meski bahaya rokok sudah dipahami, nyatanya masih banyak perokok yang tak peduli pada penderitaan orang lain. Dengan santainya mereka masih merokok di bus atau ruangan kerja.
Kampanye anti-asap rokok yang sudah digaungkan ternyata belum menjamin hak bagi bukan perkokok untuk menghirup udara bersih. Memang, kini sudah banyak dijumpai ruangan khusus merokok, tetapi pihak berwenang semestinya juga membantu perokok yang ingin berhenti merokok.

sumber:http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2010/03/resiko-bagi-perokok-pasif.html


Related Post:

6 Comment:

Obat Kolesterol mengatakan...

Artikel sangat menarik, informasinya sangat berbobot, semoga menjadi referensi yang berguna untuk kesehatan masyarakat indonesia terima kasih

Agen Jamkho di Jogja mengatakan...

terimakasih atas informasinya , di tunggu postingan selanjutnya

Tips Kesehatan Wanita mengatakan...

memang sangat berbahaya min...

Cara Pemakaian Starbio Ternak mengatakan...

terimakasih gan info nya sangat mumpuni

agen jamkho samarinda mengatakan...

info penting untuk perokok aktif, agar bisa memikirkan sekelilingnya jika merokok, dan perokok pasif agar bisa menjauh jika ada perokok di dekatnya

Distributor Rak Sepatu mengatakan...

begitu berbahayanya ya, sbg perokok pasif

Posting Komentar

Ditunggu Commentnya Ya...^^

Untuk yang tidak memiliki Account, Gunakan Aja Name/URL...URLnya kosongin aja...^^

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting